Sebaik-baik Perbekalan

Oleh: Ibnu Islam

Allah SWT dalam ayat ini mengabarkan kepada hamba-Nya bahwa perbekalan yang sebaik-baiknya adalah taqwa. Karena perbekalan taqwa adalah perbekalan yang kita bawa dalam kehidupan kita selanjutnya, yaitu akhirat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa taqwa adalah mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi apa-apa yang dilarangnya. Ketika Allah SWT berfirman watazawwadu fainna khaira zaadi taqwa. Firman Allah SWT ini memiliki makna tersirat bahwa manusia memiliki dua bentuk perjalanan, yakni perjalanan di dunia dan perjalanan dari dunia. Perjalanan di dunia memerlukan bekal, baik berbentuk makanan, minuman, harta, kendraaan dan sebagainya. Sementara perjalanan dari dunia juga memerlukan bekal.


Bekal itu mengenal Allah, mencintai Allah, berpaling dari selain Allah. Dan seluruh perbekalan itu terhimpun dalam kata taqwa. Perbekalan kedua yaitu perbekalan perjalanan dari dunia, lebih penting dari perbekalan dalam perjalanan pertama yakni perjalanan di dunia, karena beberapa hal.


Dalam Tafsir Ar-Raazi, disebutkan lima perbandingan antara keduanya:


1. Perbekalan dalam perjalanan di dunia,akan menyelamatkan kita dari penderitaan yang belum tentu terjadi. Tapi perbekalan untuk perjalanan dari dunia, akan menyelamatkan kita dari penderitaan yang pasti terjadi.


2. Perbekalan dalam perjalanan di dunia, setidaknya akan menyelamatkan kita dari kesulitan sementara,.tapi perbekalan untuk perjalanan dari dunia, akan menyelamatkan kita dari kesulitan yang tiada habisnya.


3. Perbekalan dalam perjalanan di dunia akan mengantarkan kita pada kenikmatan dan pada saat yang sama mungkin saja kita juga mengalami rasa sakit,keletihan dan kepayahan. Sementara perbekalan untuk perjalanan dari dunia, akan membuat kita terlepas dari marabahaya apapun dan terlindung dari kebinasaan yang sia-sia.


4. Perbekalan dalam perjalanan di dunia memiliki karakter bahwa kita akan melepaskan dan meninggalkan sesuatu dalam perjalanan. Sementara perbekalan untuk perjalanan dari dunia, memiliki karakter, kita akan lebih banyak menerima dan semakin lebih dekat dengan tujuan.


5. Perbekalan dalam perjalanan di dunia akan mengantarkan kita pada kepuasan syahwat dan hawa nafsu. Sementara perbekalan untuk perjalanan dari dunia akan semakin membawa kita pada kesucian dan kemuliaan karena itulah khairu zaadi taqwa. araazi 5/168

Oleh karena itu hendaklah seorang mukmin dan mukminah mempersiapkan perbekalan taqwa ini semoga Allah selalu membibing dan memberikan kekuatan kepada kita semua untuk mempersiapka bekal taqwa ini karena ia adalah sebaik-baik perbekalan.

Wallahu a’lam bisshowab.



Tidak ada komentar: