Perkataan Hikmah

Ibnu Abbas ra berkata : “ Aku tidak pernah menyesal atas sesuatu melebihi penyesalanku terhadap hari yang terbenam mataharinya namun tidak bertambah amalanku”.

Imam Hasan Al-Bashri berkata : “Tidaklah berlalu satu hari dari anak Adam kecuali berkata kepadanya hari itu: Wahai anak Adam, sesungguhnya aku adalah hari yang baru, dan atas perbuatanmu aku menyaksikan. Dan jika aku telah pergi darimu, maka aku tidak akan kembali lagi padamu. Maka berikanlah apa yang hendak kau berikan. Maka kau akan dapatkan itu di depanmu. Dan akhirkanlah apa yang kau kehendaki. Maka sekali-kali ia tidak akan kembali kepadamu selamanya."


Imam Ibnul Qoyyim berkata : “ Sesungguhnya hati itu seperti pesawat, jika ia tinggi ia akan selamat dari bahaya, ketika menurun dan rendah ia kena bencana. “


Imam Ibnu Al-Jauzi berkata : “ Wahai pengharap surga! Dengan satu dosa bapakmu Adam as dekeluarkan dari surga, apakah engkau mengharapkan masuk ke dalamnya dengan dosa-dosa yang engkau belum bertobat darinya.”

Sumber : Kitan Alfu Qoulin Fi Zuhd wa Roqoid




Tidak ada komentar: