Kelembutan Hasan bin Ali bin Abi Thalib ra.

Datang seseorang dari Negeri Syam ke kota Madinah. Maka dia melihat seorang dengan berpenampilan menarik, pakaiannya bersih dan mengendarai kuda dengan gagahnya. Lalu dia bertanya tentang orang itu.

Maka dijawablah, “Orang itu adalah Hasan bin Ali”. Maka timbullah kedengkian dalam hatinya. Lalu dia datang menemui Hasan sambil berkata, “Apakah engkau anak Ali bin Abi Thalib?”. Hasan menjawab, “Ya. Aku anaknya”. Maka orang itu berkata, “Sungguh aku telah mengatakan terhadap dirimu dan bapakmu perkataan yang keji dengan mencela kalian berdua”.

Lalu Hasan berkata, “Sepertinya engkau orang asing yang baru tiba di sini”. Orang itu menjawab, “Ya”. Hasan berkata, “Apabila engkau membutuhkan rumah, aku akan memberimu tempat tinggal. Apabila engkau membutuhkan harta dan keperluan, aku akan membantumu”. Maka orang itu merasa heran dengan kelembutan Hasan. Lalu dia pergi sambil mengatakan, “Tidak ada di muka bumi ini sesuatu yang lebih aku sukai dari pada pemuda ini. Aku berbuat buruk padanya dan ia berbuat baik padaku”.

Sumber : Tsalatsu Miah Mauqif fii Az-Zuhd wa Ar-Roqoiq, Abdul Rahman Bakr, hal 13

Tidak ada komentar: